6 Langkah Cara Mudah Mendesain Rumah Minimalis Sederhana Menjadi Hunian Keren

 Ingin rumah minimalis anda terlihat keren dan sangat menarik? Ikuti langkah mudah mendesain rumah minimalis berikut untuk menyulap hunian minimalis anda menjadi keren dan sangat nyaman.

1. Denah yang Cocok Fungsinya

Konsep dari rumah minimalis sebenarnya bukan sekedar berbentuk simpel. Tapi mempunyai format yang disesuaikan dengan fungsinya, tanpa menambah terlalu banyak ornamen tambahan. Sama halnya dengan denah rumah minimalis. Denah rumah minimalis akan mengembangkan zona sebaik mungkin pantas dengan keperluan sang pengguna. Dengan kata lain, tak akan ada zona yang terbuang atau sia-sia. Bagi Anda yang mengharapkan rumah bertingkat dua lantai, melainkan linglung membatasi budget. Jangan kuatir, sebab rumah dapat dijadikan bertumbuh.
Saat si kecil bertambah besar, rumah bahkan ikut serta tumbuh pelan dan menanggapi masa depan. Tipsnya merupakan konsultasikan dengan arsitek atau desainer Anda untuk merancang pondasi rumah untuk dua lantai, sedangkan yang didirikan baru lantai pertama saja. Pastikan layout serta letak tangga dapat dimaksimalkan sesaat berharap menambah jumlah lantai. Kalau kegiatan di dalam rumah tak terlalu banyak, penghuni bisa menggabungkan ruang makan dengan zona living untuk mengembangkan ruang tanpa sekat, sehingga tiap sudut lahan yang tersedia bisa diterapkan secara menyeluruh.



2. Taman Minimalis untuk Kesejukan Rumah

Pemilihan antara taman kering atau taman berair di rumah dapat diatur dari tradisi sang pemilik dan luasan zona yang dimiliki. Sekiranya Anda jenis orang yang menyenangi berkebun atau bercocok tanam, taman berair dengan rerumputan dapat menjadi sanctuary zona tersendiri. Menyiram sekalian “mengajak bicara” tanaman dipercayai dapat menambah asupan oksigen.
Mengganti rerumputan dengan kerikil membikin taman kering lebih gampang perawatannya sebab Anda cukup menyiram tanaman di pot. Taman kering juga amat sesuai untuk zona rumah yang kurang pancaran sang surya. Misalkan, zona taman Anda tertutup dengan rumah tetangga, karenanya pakai lantai kayu atau batu kerikil putih supaya taman konsisten terasa zen. Sebab cahaya sang surya yang kurang akan menghalangi pertumbuhan rumput. Tentukan juga desain taman minimalis yang disesuaikan dengan luasan zona Anda.
Nahh dengan anda memiliki taman sendiri di samping rumah atau di depan rumah, anda bisa menggunakan kursi teras jati sebagai tempat duduk dan bersantai anda di waktu pagi maupun sore hari sembari melihat hijaunya rerumputan dan tanaman di taman anda. Hal ini mampu mebuat tubuh dan pikiran anda jauh lebih rileks.


3. Dekorasi yang Simple

Less is more, mungkin pendekatan ini telah akrab di alat pendengaran Anda, terlebih sekiranya dihubungkan dengan pandangan baru dekorasi ataupun interior hunian yang mengambil tema minimalis. Kecuali sebab nuansa yang menenangkan berkat tak banyak furnitur yang mengisi ruangan, Anda malahan tidak perlu berinvestasi dalam jumlah lebih pada beraneka jenis instrumen yang patut dimiliki.
Nilai penting untuk tema dekorasi minimalis ini yakni spacious room dengan jumlah furnitur serta terperinci yang tak berlebih dan berkonsentrasi pada pemilihan warna-warna alami ataupun pastel serta permainan tekstur yang akan menghidupkan suasana.


4. Warna Cat Rumah Minimalis

Walaupun sudah lama hadir di Indonesia, desain rumah minimalis sampai sekarang masih kapabel mencuri perhatian banyak orang. Konsepnya yang mengoptimalkan ruang serta opsi rona monokromatis yang teraplikasi pada hunian membikin rumah minimalis gampang untuk didekor. Teorinya rumah minimalis menerapkan cat dinding berwarna monokrom.
Pemilihan warna cat dinding ruang tetamu minamlis, furnitur, dan curtain berwarna putih dan alami seperti ini betul-betul pantas untuk desain ruang tetamu berukuran kecil. Meletakkan cermin di dinding juga mempunyai metode yang sama, justru lebih maksimal untuk memberi kesan luas.



5. Material yang Ramah Lingkungan

Pemilihan nuansa warna atau material pada figur rumah minimalis biasanya tak lebih dari dua kombinasi. Apabila Anda merasa warna putih itu terlalu polos, tambahkan material kayu atau dinding batu alam bermotif simpel sebagai dialek. Sebagian material yang acap kali diaplikasikan di rumah minimalis yakni batu bata, beton ekspos, besi, dan kayu.
Dinding batu bata setebal 10 cm bisa membendung panas selama 2 jam lebih. Padahal, dinding beton 15 cm dapat meredam panas sampai 4 jam. Untuk faktor dekorasi pada desain rumah minimalis, arsitek acap kali mengaplikasikan roster atau lubang angin, wire mesh, dan laser cut.
Roster ialah lubang angin yang terbuat dari semen dan pasir yang dicetak. Modelnya amat bermacam-macam. Untuk ragam format, di antara semen berbentuk solid, hadirkan roster berlubang lingkaran. Roster juga dapat menjadi solusi rumah hemat tenaga sebab dapat menyalurkan udara segar ke dalam rumah, sekalian berestetika tinggi. Wire mesh yakni besi berupa kawat yang dianyam menjadi lembaran atau gulungan. Laset cut merupakan teknik pemotongan pada material besi, kaca, kayu, dan masih banyak lagi. Dengan mengaplikasikan digital, motif pemotongan dapat dikuasai pantas selera.


6. Pencahayaan Natural yang Bermutu

Untuk gaya ruang keluarga minimalis, peranan tata sinar sangatlah penting. khususnya untuk membikin suasana ruang keluarga terasa lebih nyaman dan santai. Sumber sinar natural dan buatan sama-sama penting untuk dilihat efeknya supaya dapat menjadikan desain rumah minimalis yang nyaman.
Memilih jendela yang bisa dibuka dan ditutup akan memberikan efek pergantian udara di dalam kamar tidur. Maka, alternatif penutup jendela sebaiknya disesuaikan dengan selera dan keperluan pengguna kamar tidur. Pemasangan jendela dan pintu yang bisa menghadirkan peredaran yang bagus cakap membatasi tingkat kelembapan dalam rumah dan akan bisa memperpanjang usia seluruh aspek interior rumah.
Fungsi jendela besar yang memrentang tinggi bia memberikan kwalitas sinar dan udara yang terbaik seandainya berada di sisi timur – selatan. Surya pagi yang bagus membawa suasana hangat ke dalam ruangan. Sinar sang surya di tengah hari menjadi penerangan natural sementara ademnya angin yang berhembus terasa di petang hari. Panorama taman hijau juga memberikan kesejukan yang bisa dirasakan dari dalam sebuah rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips membuat Ruang Makan Anda Menarik

5 Tips Mudah Membersihkan Kamar Yang Berantakan - Desain Kamar Nyaman

Ternyata kayu Trembesi Bisa Di Bikin Tempat Tidur Loh